Perlukah Membuat Digital Module pada FPGA?

Pada paper design-of-an-fpga-based-vlc-system telah disebutkan bahwa digital module diimplementasikan agar sinyal MII dapat diubah menjadi encoded signal yang siap ditransmisikan yang sesuai dengan standar IEEE 802.3 Ethernet. Pada gambar 1, diperlihatkan bahwa digital module merupakan bagian dari PHY layer sistem.

blokdiagram

Kabel ethernet pada sambungan internet sebetulnya merupakan physical layer juga. Pada titik ini, MAC layer sudah ada di bagian MAC chip di router/switch ethernet. PHY layer juga sudah diimplementasikan pada router/switch. Sehingga sinyal kabel ethernet pada dasarnya adalah sinyal luaran dari blok biru digital module di atas.

Kecuali capstone design akan menggunakan USB-to-MII sebagai sumber koneksi, kita sudah tidak perlu lagi untuk membuat digital module dan MAC layer. Sayangnya, pada posisi tersebut kita tidak lagi membutuhkan FPGA. FPGA sama sekali tidak digunakan.

Terdapat paper lain (ethernet-signal-transmission-via-vlc-lighting)  yang membahas transmisi sinyal ethernet melalui VLC. Di dalamnya hanya terdapat analog circuit yang menerima input berupa sinyal ethernet, dan output dihubungkan ke AFE. Perlu diketahui pula bahwa sistem pada paper tersebut adalah full-duplex, yaitu komunikasi dua arah.

twoway

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *