Bagaimana cara membuat bahasa pemrograman sendiri?

Bahasa pemrograman saat ini sudah sangat banyak nama, jenis, berikut keunggulannya. Mulai dari yang populer (seperti Java, C++, VB, PHP, keluarga .NET,  Delphi, dst.) dengan segala kelebihan, kelemahan, dan tipe source-nya (entah itu open source atau closed source).

Bila Anda programmer, adakalanya Anda membenci (atau setidaknya merasa kurang pas) dengan bahasa pemrograman yang sedang dipakai. Entah itu C++ dengan banyak istilahnya, statement yang kurang tepat,  pemakaian suatu sintaks yang tidak (atau kurang) berguna, dsb.

Pernahkah Anda berpikir untuk menghapuskan kebencian (maksudnya kelemahan) terhadap bahasa pemrograman  tersebut dengan membuat bahasa pemrograman sendiri. wah! pasti sangat sulit membuatnya! Mungkin begitu  gumam Anda. Benar, membuat bahasa pemrograman memang sulit, apalagi bila Anda single fighter (sendirian)  tentu akan sangat berat merancang bahasa impian Anda. Namun, akan terasa mudah bila Anda memiliki motivasi.  Untuk apa Anda membuat bahasa pemrograman? Hal ini akan membuat Anda merasa berharga, dan bersemangat  membuat sebuah programming language.

  • Pertama, sebutkan kebencian (kelemahan) Anda terhadap bahasa pemrograman yang dimaksud.
  • Kemudian, rancang sintaks bahasa..

Jreng… Jreng…

[Artikel ini belum selesai dan, biar pada penasaran. Lagipula saya juga sedang mengembangkan bahasa pemrograman sendiri.
Tunggu bagian 2 (mode promosi: on)]

Pembaruan: Artikel bagian kedua sudah dirilis lihat [sini]

8 thoughts on “Bagaimana cara membuat bahasa pemrograman sendiri?

  1. sangat susah untuk membuat bahasa pemrograman sendiri. Ada cabang ilmu otomata yang digunakan untuk modelling bahasa pemrograman yang sekarang mulai tidak diminati karena susah

    1. Menurut saya, kesulitannya (seperti yang Anda katakan) terletak di modelling bahasa pemrograman, dan saya rasa untuk membuat sebuah pemrograman dengan konsep baru memang sulit. Tapi fokus saya di artikel ini adalah membuat bahasa pemrograman untuk pengajaran hanya dengan mentranslasikan bahasa pemrograman sebelumnya (lihat bag.2).

  2. programer profesional aja gk bisa bikin,apalagi saya,,,,,,,,,
    kudu campuran dari berbagai kalangan jadi satu misalnya
    1. ahli tata bahasa inggris 10 orang
    2. ahli bahasa assembler 20 orang
    3. ahli processor dan menejemen memori 5 orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *