Kolaborasi menyenangkan antara WordPress dengan Google Chrome

Apa Anda pengguna WordPress? Apa Anda pengguna Google Chrome? Tahukah Anda suatu plug-in bernama Google Gears? Memang, Gears adalah plug-in default di Chrome. Dan apa fungsi-nya? Pasti untuk ganti gir kayak di motor! Salah, oh sebagai mesin internal Chrome! Tetap salah! Tidak lebih dari plugin tak berguna yang hanya ‘nemplok’! Apalagi itu, salah besar!

Gears adalah sebuah plugin yang berguna untuk memberikan salinan sebuah data di komputer Lokal kepada suatu situs yang mengaksesnya. Jadi Gears itu kurang lebih men-cache-kan file online menjadi offline. Untuk apa? Tentu saja agar proses loading suatu halaman web menjadi lebih cepat di kisaran 50-90%. Wow! Fantastis!

Fantastis memang, namun tidak semua situs dapat menggunakannya. Syarat agar dapat menggunakan Gears adalah: data yang banyak namun sangat jarang diubah. Jika datanya sering sekali berubah, maka Gears tidak berguna (samasekali).

Salah satu situs yang memanfaatkan Gears adalah WordPress, situs ini meng-upload file yang sering digunakan ke komputer lokal Anda, dan menggunakannya ketika Anda mengecek ‘Dasbor’ Anda. Fitur ini ada di Tools (atau Perkakas) lalu Turbo: Gears. Izinkan WordPress mengakses Gears, kemudian tunggu hingga proses pembaruan berkas selesai (bisa jadi hingga 200 file), dan rasakan perbedaan kecepatannya.

Saya hanya dengan berbekal koneksi Dial-Up (yang tidak bisa dibanggakan) berkecepatan 3 KB/s dengan fitur Gears yang aktif mampu meload halaman Dashboard dalam waktu 5 detik saja! (:berlaga hebat!:). Kok bisa begitu sih? Oh, tentu saja bisa! Lha Wong saya sudah sering memakai Chrome untuk membuka Dasbor, jadi maklum cache saya besar. 😛

Lalu dimana saya bisa men-download installer Google Chrome?

Berhubung saya berhalangan untuk meng-upload installer-nya, silakan download di Blog teman saya di www.pingion.wordpress.com/download (seneng tuh yang punya blog!) atau cari di Mbah Google, atau mungkin saya akan berikan link download-nya nanti.

5 thoughts on “Kolaborasi menyenangkan antara WordPress dengan Google Chrome

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *